Saturday, October 8, 2011

PERSENJATAAN YANG DI GUNAKAN OLEH DENSUS 88

 Assalamualaikum wr. wb
untuk postingan saya kali ini saya ingin membahas tentang tim Elite anti teroris indonesia Densus 88. saya ingin berbagi informasi mengenai asal nama densus 88 dan tentang persenjataan yang di gunakan.


Detasemen Khusus 88 atau Densus 88 adalah satuan khusus Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk penanggulangan teroris di Indonesia. Pasukan khusus berompi merah ini dilatih khusus untuk menangani segala ancaman teror, termasuk teror bom. Beberapa anggota juga merupakan anggota tim Gegana.

Satuan ini. diresmikan oleh Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Firman Gani pada tanggal 26 Agustus 2004. Detasemen 88 yang awalnya beranggotakan 75 orang ini dipimpin oleh Ajun Komisaris Besar Polisi Tito Karnavian yang pernah mendapat pelatihan di beberapa negara.(di kutip dari wikipedia.org)

Yang menarik adalah asal usul nama densus 88 ada yang mengatakan bahwa angka 88 adalah jumlah warga negara asing yang menjadi korban terbanyak yaitu WN australia adalah 88 orang. atau mungkin ada yang mengatakan bahwa angka 88 adalah representasi dari bentuk borgol seperti gambar berikut.

Ternyata angka 88 berasal dari kata ATA (Anti Terror Act) yang jika di eja dalam bahasa inggris maka anda akan membacanya dengan "Ei Ti Eikt" yang terdengar seperti angka 88 (Eighty Eight).Pasukan ini di biayai oleh Amerika Serikat dan di latih oleh instruktur dari CIA dan FBI. Ada yang mengatakan bahwa instruktur densus 88 adalah bekas pasukan khusus FBI, mungkin oleh karena itulah banyak juga masyarakat indonesia yang tidak suka dengan pembentukan densus 88.

persenjataan yang di gunakan oleh densus 88 diantaranya

1. steyr AUG
senapan ini merupakan tipe senapan serbu yang berasal dari austria
memiliki desin Bullpup (magazennya terletak di belakang pelatuk)
yang membuatnya lebih pendek. di produksi tahun 1978, dan terdapat 15 macam varian.







2. Heckler & Koch MP5 (HK MP5)

Senapan ini merupakan tipe pistol mitraliur yang di produksi tahun 1966
di negara asalnya jerman. dengan berat 2.54-2,88 kg, memiliki bidikan besi dengan belakang diopter putar, dapat menampung magazen 30-100 butir peluru dengan kecepatan tembakan 270 m/s. terdapat 22 varian.



3. AR-10

Senapan ini merupakan tipe senapan tempur otomatis beroperasi gas. di prsoduksi tahun 1956 hingga 1960 di Amerika Serikat. magazen box 20 butir kecepatan peluru 860 m/s dengan jarak efektif 630 M.





4. Colt M4 carbine

Merupakan tipe senapan serbu buatan Amerika Serikat. di produksi tahun 1994 hingga sekarang. M4 merupak tipe pendek dari M16 dengan Magazen box 50-150 butir peluru dengan kecepatan 905 m/s dengan jarak efektif 300 M dan jarak jangkauan 800 M





5. Remington 870

senapan ini merupakan senapan tipe shotgun dengan sistem pump action di produksi tahun 1951 hingga sekarang di Amerika Serikat. senapan ini juga di gunakan untuk berburu dengan magazen tabung internal 3-8 butir dan memiliki 8 varian.

(wikipedia.org and foto from google.co.id)


Catatan : Artikel diatas bertujuan hanya untuk memberikan informasi secara umum mengenai senjata dan juga ikut mendukung gerakan anti teroris tak ada maksud lain di balik itu semua. apabila informasi diatas merugikan polisi dan tim densus 88 (karena dianggap membocorkan rahasia intelejen negara) saya minta maaf dan bersedia menghapus artikel di atas.

No comments:

Post a Comment