Tuesday, September 3, 2013

6 FILM DAN DRAMA YANG MENGHARUKAN DARI BERBAGAI NEGARA


1. Tears of the sun ( Amerika )

Film ini di produksi tahun 2003, Diceritaken bahwa terdapat seorang letnan bernama walter (di perankan oleh bruce willis) harus memimpin pasukan ke daerah nigeria yang sedang mengalami konflik pemberontakan. misinya adalah untuk menyelamatkan seorang dokter warga negara america bernama Dr. Lena Khendrick ( monnica Belluchi) yang menjadi relawan di sana. tapi dr lena tidak mau pergi tanpa orang-orang nigeria yang sudah menjadi seperti keluarganya. alhasil maka letnan walter semula bersikeras tidak mau menolong akhirnya luluh juga hatinya utk menyelamatkan warga desa tersebut yang nyawanya terancam oleh pasukan pemberontak. bagian menyedihkan adlah ketika letnan walter harus kehilangan sebagian besar pasukan dan teman baiknya yang dengan senang hati rela berkorban demi menyelatkan warga tersebut dan membawanya ke perbatasan kamerun hingga hanya 4 (kalau tidak salah) pasukannya termasuk dia yang tersisa. Super sekali ya !!!! Pesan moralnya adalah bahwa penjajahan di atas dunia harus di hapuskan (lho he ????) maksudnya adalah kita harus melindungi orang yang lemah agar tidak tertindas


2. War Horse ( Inggris )

Ane sih gak tau pasti negara tempat rilis film ini tapi dari latar cerita dan pembuatan filmya mungkin berada di inggris film ini di produksi tahun 2011. di kisahakan ada seorang pemuda yang tinggal di pertanian bernama albert narracot yang merupakan anak dari seorang petani. suatu hari ayahnya membeli seekor kuda dari tempat pelelangan. awalnya sang isteri tidak setuju dengan pembelian tersebut karena meanggap kuda tsb tidak cocok untuk pertanian namun karena melihat kedekatan albert dengan kuda yang di beri nama joey itu maka sang isteri hanya diam saja. hingga suatu hari albert dan joey harus terpisah karena joey di beli pasukan inggris sebagai kuda perang. saat di pertempuran tentara yang menunggangi joey tewas sehingga joey harus terkatung-katung di medan pertempuran. sementara albert mennunggu hingga dewasa agar bisa menjadi prajurit untuk menemukan joey. bagian menyedihkannya adalah ketika albert bertemu kembali dengan joey dalam keadaan buta sedangkan zoey sendiri hampir di tembak mati tapi mereka masih mengenal satu sama lain. pesan moralnya bahwa persahabatan dapat di bangun tidak hanya terhadap sesama manusia tapi juga bisa bersama hewan sekalipun. ya film ini mirip dengan film hachiko bedanya hachiko bercerita tentang anjing sedangkan War horse ttg kuda.


3. Surat Kecil Untuk Tuhan ( Indonesia )

Orang indonesia pasti tahulah film yang di produksi tahun 2011 ini. keke adalah seorang anak remaja yang beranjak dewasa (tetapi tidak remaja-remaja amat dan tidak kekanak-kanakkan juga jadi belum terlalu dewasa dan belum bisa di katakan dewasa  jadi usia remaja yang peralihan menjelang ke dewasa. oops sorry my bad.... gak penting). yang hidupnya bahagia dan nyaris sempura (tk ada yang sempurna di dunia ini kecuali Allah semata !!! wizz Prok...Prok...Prok) seketika berubah ketika mengidap kanker langka hingga ia divonis hanya bisa bertahan selama 3 bulan. ia harus berjuang melawan rasa sakitnya demi teman2 ny, ajaibnya ia bisa bertahan lebih dari 3 bulan meski akhir nya ia meninggal juga. bagian menyedihkankannya ya tentu saja melihat orang yang kita sayangi pergi dan tak kembali serta melawan penderitaan yang membelenggu demi membuat orang lain tersenyum adalah hal yang sangat mengharukan (puitis Mode : ON). saking sedihnya ane gak sanggup nonton ni. film padahal belum pernah nonton.  pesan moralnya bahwa meskipun setiap manusia pasti akan mati kita tetap harus berusaha sepanjang hidup kita untuk membuat kenangan bahagia dan membahagiakan orang kita cintai.


4. One Litre of Tears/ ichi litre no namida ( Japan )

Film Ini di buat berdasarkan Drama TV Jepang berjudul sama yang di angkat dari sebuah buku harian yang di tulis berdasarkan kisah nyata oleh penulis aslinya yang mengalami kisah menyedihkan ini "kito Aya" ceritanya mirip dengan surat kecil untuk tuhan hanya di tulis dengan bahasa jepang (ya iyalah). kito aya menderita suatu penyakit yang dapat mengurangi kemampuannya secara bertahap. kito aya yang mengetahui penyakitnya tak dapat di sembuhkan akhirnya merasa putus asa, namun aya memiliki suatu impian untuk menjalani sisa hidupnya bersama orang -orang yang ia cintai hingga maut menjemput. ia juga menulis sebuah diari detik detik menjelang kematiannya. dia menderita kurang lebih selama 10 tahun selama 10 tahun itu pula aya menulis diarinya (bisa di bayang kan sepanjang apa tulisan yang harus di baca ????) hingga penyakit itu membuat ia tidak dapat menulis kembali dan akhirnya ia meninggal. pesan moralnya bahwa jika seseroang yang sangat sakit seperti aya aja bisa berbuat sesuatu utk membahagiakan orang mengapa kita yang sehat tidak bisa ??? APA KATA DUNIA ???

5. Gu Family Book ( Korea )

Buat penggermar Korea Teruma Aktor Muda berbakat dan bertalenta serta cetar membahana keseluruh asia hingga indonesia "Lee Seung Gi" Pasti Tahu Film yang tayang di korea tahun 2013 ini. Mesti Penayangannya sudah berakhir di korea tapi di indonesia masih tayang lho gak percaya tonton aja di Ind**ar (sumpah bukan promosi lho ). sebenarnya film ini gak sedih-sedih amat malahan bergenre romance historical plus sedikit balutan komedi dan fiksi. cerita nya berawal dari Choi Kang chi ( Lee Seung gi) merupakan keturunan manusia setengah Gu Mi Ho ( gu berarti sembilan mi ho berarti rubah berekor, ya rubah ekor sembilan kalau di jepang kyubi barang kali). yang ingin mencari kitab keluarga Gu agar bisa menjadi manusia dan hidup bersama wanita yang di cintainya Dam yeo wool (dengan lidah sedikit berlipat dalam mengejanya heheh ) banyak intrik dan tokoh yang memepengaruhi kehidupan mereka salah satunya favorit saya adalah Admiral Yin shun Shin (yah ketahuan gua sering nonton korea )buat yang pernah maen Age of Empire 2 pasti tahu karakter admiral satu ini. bagian menyedihkannya adalah bagian ending dalam film ini berakhir dengan Sad Ending dimana Yeo weool akhirnya meninggal karena luka tembak. tapi di bagian akhir ada bagian yang aneh, lucu dan tak terduga. penasaran nonton aja sendiri kalau di ceritakan nnti yang di TV gak laku lagi hehehe. pesan moralnya adalah bahwa kita harus menjaga apa yang sudah menjadi milik kita dan orang - orang yang kita cintai dan tetap harus membahagiakan mereka hingga maut memisahkan. (sepertinya terlalu berlebihan ya wkwkwkw)


6. Pondok Buruk ( Malaysia )

Untuk Film tersedih kaya'nya ane memang harus mengakui film yang atu ini. karena untuk pertama kali nya dalam sejarah hidup ane berhasil membuat mata ane berkaca-kaca pas nonton film ini. bahkan sepupu ane sampai menangis terharu menonton nya hingga harus menggunakan tisu toilet (lho kok bisa emang nontonya di toilet ya ???). film ini bercerita tentang kisah spasang suami istri miskin yang tinggal di sebuah desa. singkat cerita mereka di usir dari rumah mereka dan harus tinggal di sebuah pondok yang sudah reot. bagian menyedihkannya adalah ketika mereka harus menghadapi dan mengalami berbagai cobaan hidup seperti sang istri yang jatuh sakit, sementara si suami yang cacat harus bekerja,sang suami pak mat yang akhir nya meninggal, dan di tinggal oleh anak-anak mereka. namun sang isteri tetap tabah dalam menjalani cobaan hidupnya hingga di akhir akhirnya dia bisa berkumpul dengan anak-anaknya kembali di pondok tersebut. Saking sedihnya film ini setiap kali ane muter film ini di depan sepupu ane dia malah lari dan menghindar karena gak sanggup nontonya (padahal malu karena nangis hehehe). gak kebayang kalau ini kisah nyata. pesan moralnya adalah bahwa kita harus tabah dan ikhlas dalam menjalani cobaan hidup meski terasa sangat berat karena Allah tidak akan memberi cobaan melebihi batas kemampuan. dan cobaan yang kita alami hanya akan membuat kita semakin kuat dan kuat.

No comments:

Post a Comment